5 Agen Rahasia Populer Di Amerika Serikat



Di kebanyakan agensi intelejen Amerika Serikat,adalah dibentuk untuk mengatasi permasalahan secara spesifik. Amerika Serikatdengan pemerintahan dan keputusan yang terpusat di Gedung Putih dan DewanSenator, memiliki beragam cara untuk mengatasi masalah dan mewujudkankepentingan politik domestik dan bahkan dunia. Kebanyakan agensi rahasia danintelejen ini bekerja di dalam kondisi dan situasi yang tidak diduga oleh awambahkan aparat keamanan lainnya, namun demikian pergerakan mereka tidak selalutersembunyi dan tidak diketahui. Beberapa media massa cetak di AS, seperti NewYork Times, Times, pernah mengungkapkan keberadaan para agensi rahasia dalamartikel mereka. Berikut 5 rangkuman tentang agen rahasia popular di AmerikaSerikat:

1. Secret Service



5 Agen Rahasia Populer Di Amerika Serikat [ www.BlogApaAja.com ]

Diurutan pertama terdapat nama Secret Service,meskipun bukan merupakan bagian dari sebuah lembaga intelejen lagi, namunSecret Service merupakan agensi intelejen pertama di Amerika Serikat. Awalnyaorganisasi ini bernama Secret Service Division, yang pada 18 September 1865merupakan bagian dari Departemen Keungan Amerika Serikat. Saat itu tugas SecretService adalah mengawal berbagai pengiriman baik dokumen ataupun bukti-buktiagar terhindar dari upaya pembajakan pihak-pihak anti pemerintah.

Bahkan sejak 11 April 1874, Secret Service iniberbagai aksi kejahatan yang mengancam keamanan nasional Amerika Serikatberhasil digagalkan bahkan para pelaku mulai dari perampok, bandit, danpemberontak lainnya dapat ditangkap.

2. NationalSecurity Agency



5 Agen Rahasia Populer Di Amerika Serikat [ www.BlogApaAja.com ]

Nasional Security Agency (NSA), merupakansalah satu agensi intelejen, dan merupakan lanjutan dari Armed Forces SecurityAgency yang sudah tidak berfungsi lagi. Bahkan NSA didirikan oleh seorangjenderal yang juga turut beperan dalam pembentukan CIA, yakni Walter BedellSmith. Ada beberapa agensi rahasia yang berjalan baik dan rapi di dalampemerintahan Amerika Serikat selain NSA, satu di antaranya adalah Bureau ofShips. NSA juga sering diplesetkan dengan kepanjangan dari No Such Agency(karena dianggap tidak pernah ada) bahkan para anggotanya dikenal pula sebagaiorang-orang yang senantiasa berkata,

"never say anything" (tidak pernah mengatakanapapun).

3. NationalReconnaissance Office



5 Agen Rahasia Populer Di Amerika Serikat [ www.BlogApaAja.com ]

Para anggota U.S. Air Force dan CentralIntelligence Agency (CIA) membentuk NRO pada 1961 sebagai salah satu kesatuangabungan. Keberadaanya sangat rahasia, bahkan kepala suratnya pun sangatekslusif, namun hal tersebut beubah di tahun 1995. Pertama kali nama NROmencuat ke permukaan yakni ketika surat kabar New York Times menerbitkan sebuahartikel di tahun 1977. Artikel tersebut mengungkapkan adanya perseteruan didalam tubuh pemerintahan Jimmy Carter (penguasa Gedung Putih saat itu) akibatpembentukan sebuah lembaga yang disandikan dengan "intlellegence czar" (pasukanintelejen czar). Di dalam artikel New York Times, disebutkan NRO bersama denganNSA telah memfasilitasi "bangsa Amerika" dengan alat-alat komunikasi,perlengkapan elektronik dan satelit intelejen, sehingga ada informasi yangbocor ke publik. Akibatnya kegiatan NRO pun dibekukan oleh DepartemenPertahanan Amerika Serikat.

4. NationalGeospatial-Intelligence Agency



5 Agen Rahasia Populer Di Amerika Serikat [ www.BlogApaAja.com ]

Agen Pencitraan dan Pemetaan Nasional(National Imagery and Mapping Agency/ NIMA) ini dibentuk pada 1996, dengantujuan memberikan gambaran dan penjelasan kepada para mata-mata dan prajuritmengenai situasi dan kondisi yang berlangsung di medan peperangan. Keberadaanagen pemetaan rahasia ini untuk kali pertama diangkat ke publik melalui majalahTimes di tahun yang sama, Tim Wiener dalam artikenya menyebutkan ada sebuahagen rahasia yang bekerja dengan cara mengabadikan gambar dan peta lokasi dariluar angkasa

(citra satelit).

Pada 2003 peranan NIMA sangat sentral sebagaibadan itelejen, hingga namanya pun beubah menjadi NationalGeospital-Intelligence Agency (NGA) layaknya agen tiga huruf lainnya (CIA,FBIdan NSA). NGA sangat berperan dalam penempatan pasukan Amerika Serikat diAfghanistan dan Irak, dan mereka pula yang terus memonitor pergerakan parapemberontak Afghanistan dan Irak, sehingga dengan mudah pasukan Amerikamematahkan serangan lawan dan sebaliknya.

5. CentralIntelligence Agency



5 Agen Rahasia Populer Di Amerika Serikat [ www.BlogApaAja.com ]

Agen rahasia yang terakhir ini adalah yangpaling popular di Amerika Serikat, sekaligus di dunia. CIA (CentralIntlelligence Agency), merupakan dinas rahasia Amerika Serikat yang dibentukpada 1947 melalui penandatanganan sebuah kesepamahan kemanan nasional yang dikenaldengan Nasional Security Act (NSA) oleh Presiden Harry S. Truman. Saat ituorang nomor satu CIA adalah Letjen Hoyt S. Vandenberg. CIA memiliki fungsimemberikan nasehat dan masukan kepada Dewan Keamanan Nasional (NationalSecurity Council), termasuk mengevaluasi berbagai informasi intelejen. Banyakdugaan bahwa CIA memiliki peranan penting dalam berbagai peristiwa politik didunia, mulai dari kudeta, pemberontakan domestik, revolusi nasional di berbagainegara. Juga dikabarkan banyak para teroris yang juga bekas anggota CIA, makatidak heran aksi mereka sangat profesional dan cerdas dilengkapi dana danperalatan yang canggih.

Follow On Twitter