Cara Mudah Mencegah Sembelit



Cara Mudah Mencegah Sembelit [ www.BlogApaAja.com ]

Sembelit alias susah air besar adalah kondisiyang tidak menyenangkan dan berbagai cara dilakukan orang agar bisa terbebasdari masalah ini. Sebenarnya mencegah sembelit lebih mudah ketimbangmengobatinya.



Sembelit adalah perubahan pola buang air besaryang tidak biasa yang berbeda pada setiap orang. Sembelit bisa berartiseseorang susah untuk buang air besar atau buang air besar kurang dari tigakali dalam seminggu.

Ada berbagai macam penyebab dari sembelit yaitukurang asupan serat, kurang minum yang membuat pergerakan usus lebih lambat,kurangnya olahraga, mengonsumsi obat tertentu, perubahan gaya hidup,mengabaikan rasa ingin buang air besar dan beberapa penyakit tertentu sepertiirritable bowel syndrome serta penyakit lain yang berhubungan dengan organpencernaan.

Sebelum mengalami sembelit, ada baiknya Andamelakukan cara pencegahan yang cukup mudah dilakukan, seperti dikutip HarvardMedical School Family Health Guide :

1. Makan cukup serat



Diet seimbang dengan memperbanyak makanantinggi serat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum utuh, buah dan sayursegar dapat mencegah terjadinya sembelit.

2. Menggunakan obat pencahar



Pencahar jenis bulk-forming agent (obatpencahar yang memperbesar volume tinja sehingga perut merasa penuh) sepertipsyllium, methylcellulose dan pectin yang bisa diperoleh tanpa resep dokterjuga bisa mencegah terjadinya sembelit.

3. Minum cukup air



Setidaknya cukupi kebutuhan air putih 8 gelassetiap hari.

4. Olahraga



Olahraga teratur bisa mencegah terjadinyasembelit sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Olahraga bisamendukung fungsi kesehatan pencernaan dan bisa bermanfaat untuk kesehatanseluruh tubuh. Berjalan setidaknya 20 sampai 30 menit tiap hari sudah bisamembantu sistem pencernaan Anda.

5. Melatih waktu buang air besar



Tetapkan waktu dan latihlah sistem pencernaanAnda untuk dapat buang air besar di jam-jam tertentu misalnya pagi hari atausetelah makan. Mulailah dengan duduk di toilet selama 10 menit dan tunggurenpons tubuh, tapi jangan memaksan atau ngeden untuk buang air besar.

6. Jangan tunda ke toilet bila ingin buang airbesar



Usus adalah organ tubuh yang sensitif danpenting dalam memberikan sinyal-sinyal. Saat seseorang menahan untuk buang airbesar, sinyal yang diberikan oleh usus makin lama akan makin lemah dan akhirnyaseseorang akan tidak memahami sinyal yang diberikan oleh usus.

7. Jangan mengedan saat buang air besar



Mengedan atau ngeden dapat menyebabkan masalahkesehatan yang lain seperti hemorrhoid atau ambeien dan masalah tekanan darah.


Follow On Twitter