7 Kebiasaan Agar Tidur Lebih Nyenyak



7 Kebiasaan Agar Tidur Lebih Nyenyak [ www.BlogApaAja.com ]

Setidaknya, setiap orang pernah mengalamimasalah dengan tidurnya. Dan kebanyakan, gangguan tidur disebabkan karenapikiran yang resah dan terbeban akan problem keseharian. Gangguan tidur initernyata berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh dan aktivitas sehari-hari,bahkan beberapa kasus di antaranya menyebabkan kematian.

Anda yang mengalami gangguan tidur akut,sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Namun, apabila gangguantidurnya termasuk ringan, Anda hanya perlu mencermati

7 hal di bawah iniuntuk mendapatkan kembali tidur nyenyak Anda.

Jangan makan sebelum tidur



Entah hanya makan makanan ringan atau berat,akan membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman dibawa tidur. Alhasil, Andajustru akan bolak balik ke kamar mandi, resah mencari kegiatan, dan akhirnyatidur lebih larut malam.

Kurang olahraga



Alasan yang klise jika Anda bilang tak punyawaktu untuk berolahraga. Padahal, berolahraga setidaknya 30 menit setiap harisudah cukup membantu tubuh untuk tetap bugar. Dan, dengan berolahraga, terbuktibahwa tidur lebih berkualitas.

Enyahkan gadget sebelum tidur



Salah satu kebiasaan buruk yang sulit lepasadalah bermain gadget di tempat tidur. Apalagi saat sedang asyik berperangkomentar di social media, rasanya semakin malam semakin seru dan engganditinggalkan. Nah, kalau sudah begitu, kapan dong tidurnya?

Singkirkan kopi, teh dan minuman bersoda



Segala sesuatu yang mengandung kafein akantetap membuat Anda segar dan terjaga. Untuk itu, setidaknya 2 - 3 jam sebelumtidur, hindari mengonsumsi minuman bersoda, kopi dan teh serta cokelat. ApabilaAnda mendambakan tidur nyenyak, Anda boleh mengonsumsi susu putih hangat, yangjustru akan membuat Anda lebih rileks.

Katakan tidak pada minuman beralkohol



Beberapa orang mungkin percaya bahwa minumanberalkohol, seperti anggur merah dapat menjadi pengantar tidur. Tetapi,mengonsumsinya di kala Anda susah tidur akan memberikan efek ketagihan danmenjadi kebiasaan yang berkepanjangan.

Terlalu tegang dan banyak berpikir



Ada kalanya di saat akan tidur, kitaberangan-angan dan melamun. Entah membayangkan kejadian tadi pagi, kemarinsore, atau yang sudah lalu. Kemudian berangan-angan lagi membayangkan apa yangbelum terjadi. Di satu sisi hal ini positif apabila Anda menanggapinya denganpositif. Mengambil masa lalu sebagai pengalaman, dan masa depan sebagaimotivasi. Namun, apabila Anda memikirkannya secara berlebihan, maka ini akanmenjadi sebuah tekanan dan beban tersendiri bagi otak yang seharusnyaberistirahat.

Menonton TV



Ah, memang paling asyik menonton TV sampaiketiduran. Tetapi justru kebiasaan ini membuat Anda terjaga juga. Sekalipunakhirnya Anda ketiduran, tidur tidak akan berkualitas dan menjadi resah.

Bila Anda mendambakan tidur nyenyakberkualitas, mari relakskan tubuh dan bahu terlebih dahulu sebelum tidur.Jauhkan gadget, dan matikan TV serta lampu. Tak sampai 5 menit, Anda akanterlelap dan keesokan paginya tubuh terasa lebih segar.


Follow On Twitter